Senin, 07 November 2016

Mengenal Kartu Stock Gudang Manual Dan Excel

Kartu Stock Gudang Manual Dan Excel, Prinsip kartu stock adalah pencatatan pergerakan transaksi keluar masuk satu item yang mengidentifikasi tipe transaksi (masuk dari supplier, masuk dari retur outlet, keluar ke outlet, keluar disposal / rusak, keluar untuk pemakaian tertentu, dll) lengkap dengan jam transaksi, jumlah barang, deskripsi tujuan / asal barang .

Dari pengalaman saaya pribadi pernah mengalami kehilangan atau selisih atau kurang barang dengan harga yang sungguh sangat besar Rp 11.500.000 / Kg sedangkan angka selisih mencapi 10.5Kg bayangkan saja pembaca Rp 11.500.000 x 10.5 = Rp 120.750.000 Bayangkan betapa sangat pusing kepala saya melihat angka yang hilang, akibat tidak terinptunya produksi barang, namun sungguh untung saya rajin menulis (mengisi)  Stock card atau kartu stock. 

Stock card manual adalah jenis kartu stock yang harus Anda isi secara manual atau di tulis dengan tangan biasanya stock card ini di gunakan untuk menganalisis keluar masuk barang, Dari satu lembar stock card di isi oleh satu macam item (barang), jika sudah penuh bisa anda ganti dengan yang baru dengan menyertakan (STAPLES) stock card lama dan yang baru.

Berikut adalah satu contoh stock card manual.

Contoh Stock CArd Manual
Selain dari stock card manual ada juga stock card yang bisa Anda buat sendiri menggunakan microsoft excel 2007. 

Stock card ini bisa Anda jadikan solusi kedua jika stock card manual tidak ada beserta rumus jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di komputer Anda untuk mempermudah mendokumentasikan produksi dan pemasukan barang atau benda lainya silahkan lihat contoh stock card di excel di bawah ini.
Contoh Stock card Excel
Kelebihan dalam menggunakan kartu stock di excel ini adalah, anda hanya membutuhkan copy dan paste baik itu rumus value awal (S.O), dan copy paste formula juga, jadi anda tidak usah menghitung cukup memakai rumus  logika, untuk copy paste rumus excel silahkan baca.

Untuk stock card jenis excel ini biasanya bisa juga di pakai untuk membantu laporan administrasi karena di sini (stock card excel) lebih mudah untuk di transfer atau di buat sumary total masuk dan keluar barang.

Selain berguna mengkontrol keluar masuk barang biasanya stock card jenis excel ini lebih mudah untuk mendukung Anda yang bekerja di bagian atau departemen store untuk mengetahui minimal stock untuk lemungkinan kurangya barang (stock barang) di departement store karena Anda cukup melakukan Ctrl + f untuk mencari nama item dan melihat stock akhir di Gudang Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar